Kerupuk Aplang

Kerupuk Aplang - Hallo sahabat Kuler Kuliner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kerupuk Aplang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Asal Usul Makanan Ringan indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kerupuk Aplang
link : Kerupuk Aplang

Baca juga


Kerupuk Aplang

  Kerupuk Amplang adalah makanan ringan dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Cemilan ini terbuat dari ikan dan terkenal karena rasanya yang gurih dan lezat. Amplang biasanya dijadikan buah tangan khas kaltim dan sangat laris di pasaran terutama saat lebaran. 
             Amplang adalah sejenis krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu rempah, dan ikan pipih atau ikan tenggiri. Ikan pipih atau ikan tenggiri inilah yang menjadikan amplang begitu gurih dan kriuk-kriuk ketika digigit. Sebenarnya, tidak ada keharusan menggunakan kedua jenis ikan tersebut sebagai bahan dasarnya.
              Kerupuk Amplang adalah makanan khas kalimantan timur, dikenal juga dengan nama kerupuk kuku macan. Kerupuk ini mempunyai rasa yang gurih, enak dan sungguh istimewa. Bahan utama amplang ini adalah ikan tenggiri dan sagu. Ikan tenggiri boleh juga diganti dengan ikan lainnya hanya saja cita rasanya akan sedikit berbeda. Aneka Amplang ikan enak dijadikan cemilan santai.
berikut cara membuat kerupuk aplang:

Bahan – bahan yang dibutuhkan :
Ikan Tenggiri/belidak  1 Kilogram
Tepung Kanji  2 Kilogram
Air 750 ml
Garam 4/5 ons
Bumbu penyedap 1/5 ons
Bawang Putih 5 Biji
Cara Pembuatan :
Campurkan Ikan, Tepung, Air, Garam dan Bumbu penyedap  diaduk sampai rata.
adonan dibentuk seperti lenjeran dan besarnya disesuaikan keinginan.
amplang tersebut yang telah siap dipotong halus-halus digoreng di dalam minyak yang banyak selama lebih kurang 30 menit sehingga benar-benar kering. Semasa menggoreng, produk hendaklah sentiasa di aduk supaya tidak hangus.
Amplang yang telah siap digoreng, ditiriskankan untuk membuang sisa-sisa minyak.
Produk ini dibungkus dalam plastik kedap udara dan disimpan pada suhu rendah serta jauhkan daripada pancaran cahaya matahari langsung dan jauhkan daripada serangan serangga.           


Demikian Artikel Kerupuk Aplang

kami buat
dan sekian artikel Kerupuk Aplang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kerupuk Aplang dengan alamat link Kerupuk Aplang

0 Response to "Kerupuk Aplang"

Post a Comment